Selasa, 03 September 2019

Pengenalan Alat: GELAS UKUR

Gelas ukur atau disebut juga measuring cylinders merupakan peralatan laboratorium yang berbentuk silinder (tabung), terbuat dari bahan gelas borosilikat, dan berfungsi untuk mengukur volume suatu zat cair (larutan)


Gelas ukur memiliki bermacam-macam ukuran, mulai dari 5 mL - 2000 mL, dan gelas ukur juga tersusun atas skala-skala tertentu tergantung dari volume atau ukuran dari gelas ukur. Gelas ukur berfungsi untuk mengukur atau mengambil zat cair dalam volume tertentu dengan ketelitian tidak tinggi, tetapi tidak bisa digunakan untuk mengukur zat cair dalam kondisi masih panas. Harap memperhatikan keadaan meniscus pada saat pengukuran (pembacaan skala)


Pada bagian atas dari gelas ukur terdapat bibir tuang yang berfungsi untuk memudahkan dalam menuangkan larutan. Dan pada bagian bawah terdapat dudukan berbentuk lingkaran atau heksagonal yang berfungsi untuk menjaga gelas ukur tetap berdiri tegak, sehingga memudahkan dalam pembacaan skala pengukuran dan supaya larutan tidak tumpah.

Pada saat penggunaan gelas ukur tidak dapat dengan cara menggenggamnya secara bebas, melainkan dengan cara meletakkan gelas ukur pada meja/permukaan yang datar. Pada saat pengukuran pembacaan skala pengukuran dilakukan berdasarkan meniskus larutan, pada larutan jernih (baik larutan berwarna atau tidak berwarna) maka dasar pembacaan skalanya berdasarkan meniskus bawah, sedangkan apabila larutan tidak jernih maka dasar pembacaan skalanya berdasarkan meniskus atas.






Sumber:
https://www.slideshare.net/andy_wahyudin/modul-1-peralatan-laboratorium
https://www.youtube.com/watch?v=RkTqOQoT9XA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar